Visitasi BAN-PT untuk Akreditasi Program Studi Doktoral Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (Prodi S3 PEK)

Visitasi BAN-PT untuk Akreditasi Program Studi Doktoral Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (Prodi S3 PEK)

Print Friendly, PDF & Email

Proses re-akreditasi Program Studi Doktoral Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (Prodi S3 PEK) telah sampai pada tahap visitasi oleh asesor BAN-PT. Visitasi oleh asesor dilakukan dari tanggal 8-10 Oktober 2017 dan bertempat di FKH IPB. Asesor yang ditugaskan oleh BANT-PT dalam proses visitasi ini adalah Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, MS dari Universitas Brawijaya dan Prof. Drh. Widya Asmara, SU., Ph. D dari Universitas Gadjah Mada. Kedatangan asesor BAN-PT di kampus IPB disambut oleh para pimpinan di Gedung Rektorat dan Dekanat FKH IPB kemudian dilanjutkan dengan visitasi Prodi S3 PEK.

Kedatangan asesor di prodi PEK disambut oleh ketua Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPHK), Dr.drh. Yusuf Ridwan, MSi. Proses asesment Prodi S3 PEK diawali dengan mendengarkan penjelasan sekilas mengenai sejarah, visi, dan misi Prodi PEK yang disampaikan oleh ketua program studi PEK, Prof. Drh. Upik Kesumawati Hadi,  MS., Ph. D. Setelah menyimak mengenai latar belakang Prodi PEK, dilanjutkan pada proses asesmen dan diskusi dengan para asesor. Proses asesment berjalan dengan baik dan lancar. Asesor juga berkesempatan berdiskusi dengan para mitra, stakeholder, dan alumni Prodi S3 PEK. Terdapat sesuatu yang sedikit berbeda dalam proses akreditasi Prodi S3 PEK, yaitu penerapan sistem online dalam proses asesment yang dilakukan oleh asesor. Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) merupakan sistem yang telah dikembangkan oleh BAN-PT dalam proses asesment perguruan tinggi di Indonesia. Sistem ini berbasis aplikasi online sehingga sangat membantu asesor dalam kecepatan dan kemudahan proses asesment. Sebelumnya, pada bulan Juli 2017, Prodi S3 PEK telah mengupload data-data dan dokumen yang diperlukan untuk proses asesment melalui sistem SAPTO. Melalui sistem baru ini diharapkan sistem penilaian dapat berjalan lebih cepat dan dengan tetap mempertahankan kualitas asesment yang dilakukan. Semoga Prodi S3 PEK FKH IPB mendapatkan nilai akreditasi yang terbaik dan terus bersemangat dalam mencapai visi misi Prodi PEK. (RA)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>