Sosialisasi Lomba Website Unit Kerja IPB 2017

Sosialisasi Lomba Website Unit Kerja IPB 2017

Print Friendly, PDF & Email

Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI) mengadakan acara sosialisasi lomba website unit kerja di lingkungan IPB 2017 yang diadakan pada Senin, 16 Oktober 2017 di IICC IPB. Lomba web ini dilakukan untuk terus menstimulasi website unit kerja yang ada di lingkungan IPB untuk terus menampilkan informasi unggul dan ter-update. Diadakannya lomba ini tidak bertujuan untuk mencari web unit kerja terbaik diantara web-web unit kerja di IPB, namun lebih ditujukan untuk memberi motivasi pada masing-masing web unit kerja untuk meningkatkan kualitas web unit kerjanya yang pada akhirnya meningkatkan kualitas web utama institusi yaitu web IPB. Beberapa kriteria penting untuk meningkatkan kualitas web dirujuk pada penilaian menurut Webometric. Penilaian tersebut meliputi presence, visibility, content standard, update frequent information, excellence, dan transparancy (openness). Melalui penilaian yang telah terstandar ini diharapkan web unit kerja IPB dapat menampilkan informasi terbaik di masing-masing webnya.

Pada acara sosialisasi lomba ini juga disampaikan beberapa capaian yang telah diraih dan rencana pengembangan yang dilakukan DIDSI. Program peningkatan kualitas web unit kerja telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu yang meliputi kegiatan rutin update web, back up data, peningkatan keamanan web, lomba web, dan beberapa kegiatan lain. Melalui program tersebut memberikan manfaat pada IPB sehingga menurut data webometric peringkat web IPB menempati urutan ke 4 di Indonesia setelah UI, UGM, dan ITB per Juli 2017. Beberapa waktu ke depan, DIDSI akan terus berusaha meningkatkan pelayanan bagi civitas akademik IPB. Pelayanan tersebut meliputi: 1). Peningkatan akses internet dan pemantapan infrastruktur termasuk pemasangan fiber optik di gedung-gedung baru. 2). Peningkatan kapasitas bandwidth. Kapasitas bandwidth IPB terus dinaikkan sejak tahun 2009 dan saat ini telah mencapai 2000 Mbps dan akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun ke depan. 3). Peningkatan utilisasi bandwidth. 4). Peningkatan presentase sistem aplikasi yang terintegrasi. 5). Peningkatan kelengkapan konten web unit kerja. Salah satu program yang dilakukan adalah melalui Lomba Website Unit Kerja tahun 2017.

Pihak DIDSI juga mengingatkan mengenai pentingnya setiap dosen IPB untuk memiliki akun pada google scholar. Hal ini penting karena bukti-bukti publikasi dosen IPB harus dapat terindeks oleh lembaga-lembaga resmi pengindeks artikel ilmiah yang ada di dunia. Apabila banyak ilmuwan dan dosen IPB yang publikasinya dapat terindeks maka secara langsung akan memberikan manfaat pada peningkatan kualitas web IPB. (RA)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>