Pelatihan bagi Pengurus DKM: Pengenalan Hewan Sehat dan Penyediaan Daging Kurban yang ASUH serta Sosialisasi Penyakit Zoonotik pada Hewan Potong

Pelatihan bagi Pengurus DKM: Pengenalan Hewan Sehat dan Penyediaan Daging Kurban yang ASUH serta Sosialisasi Penyakit Zoonotik pada Hewan Potong

dkm 1 Dalam rangka Dies Natalis Institut Pertanian Bogor (IPB) ke 53 dan menyambut Hari Raya Idul Adha, Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB bekerjasama dengan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) IPB, National Zoonoses Center Institut Pertanian Bogor (NZC-IPB) serta Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor mengadakan “Pelatihan Pengenalan Hewan Sehat dan Penyediaan Daging Kurban yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) serta Sosialisasi Penyakit Zoonotik pada Hewan Potong bagi Pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Tahun 2016”. Acara ini dilaksanakan di FKH dan Rumah Sakit Hewan IPB pada tanggal 4 September 2016 dan diikuti oleh 51 perwakilan pengurus DKM dari 17 desa binaan lingkar kampus IPB serta 19 mahasiswa dari berbagai Fakultas di IPB.

Dalam acara ini tampak hadir Wakil Ketua LPPM IPB bagian Penelitian, Prof Drh Agik Suprayogi, MSc, Dekan FKH IPB, Prof Drh Srihadi Agungpriyono, PhD, PAVet (K), Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Ir Hj Siti Farikah, MM, dan Ketua NZC, Dr. Drh. Yusuf Ridwan, MSi. Acara dibuka oleh Wakil Ketua LPPM IPB, Prof. Dr. Drh. Agik Suprayogi, MSc.

Dalam sambutannya Dekan FKH IPB menyampaikan bahwa pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan petugas DKM di desa lingkar kampus mengenai kesehatan hewan dan daging kurban serta memberikan informasi secara tepat dan proposional kepada masyarakat mengenai penyakit zoonotik yang dapat ditularkan melalui pangan asal hewan (foodborne disease), terutama oleh daging.

Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Bogor, Ir Hj Siti Farikah, MM menyampaikan bahwa terdapat empat jaminan saat berkurban yang meliputi jaminan bagi orang yang berkurban, jaminan bagi penerima daging kurban, jaminan bagi hewan dikurbankan, dan jaminan bagi pengelola hewan kurban. Daging kurban harus terjamin aman, sehat, utuh dan halal (ASUH).

Materi pelatihan mencakup Kurban dalam Perspektif Syari’at Islam oleh Dr Drh Hasim Danuri, DEA (Halal Science Center IPB), Penanganan hewan kurban oleh Drh Retno Wulansari, MS, PhD (FKH IPB), penyakit zoonotik yang ditularkan dari hewan kurban oleh Drh Chaerul Basri, MEpid (FKH IPB), pemotongan yang baik dan penangan daging hewan kurban n oleh Dr med vet Drh Hadri Latif, Msi (FKH IPB), dan menilai daging yang sehat oleh Dr Drh Wiwin Winarsih, MSi (FKH IPB).

dkm 3

Pelatihan teknik merobohkan hewan

Selain materi dalam bentuk talk show, dilaksanakan praktik pemeriksaan antemortem yang dipandu oleh Drh. Agus Wijaya, MSi dan pemeriksaan postmortem yang dipandu Dr Drh Wiwin Winarsih, MSi, APVet dan Drh Vetnizah Juantito, PhD. Peserta juga dilatih mengenai teknik perobohan hewan kurban dan penangan hewan saat disembelih dengan instruktur Drh Supratikno, MSi, PAVet.

Selain pelatihan kepada pengurus DKM, hadir pula mahasiswa perwakilan berbagai Fakultas yang pada hari raya Idul Adha akan ditugaskan untuk menilai higiene dan sanitasi tempat pemotongan hewan kurban pada 17 desa binaan LPPM IPB. Guna melaksanakan tugasnya, para mahasiswa dilatih oleh Drh Ardilasunu Wicaksono, MSi mengenai teknik pengisian kuisoner penilaian.

Setelah mengikuti pelatihan, peserta diharapkan dapat menjadi kader bagi keluarga dan masyarakat untuk mengimplementasikan materi pelatihan sehingga masyarakat semakin memahami kaidah ASUH (Aman, Sehat, Utuh, dan Halal) dalam penanganan daging dan distribusinya.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>