Dosen CPNS Departemen IPHK mengikuti Diklat Prajabatan Golongan III

Dosen CPNS Departemen IPHK mengikuti Diklat Prajabatan Golongan III

IMG-20160713-WA0003 Peserta Diklat Prajabatan Golongan III dari IPB

Sebanyak tiga orang dosen Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPHK) Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB yang berstatus sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Prajabatan Golongan III di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Pegawai Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Depok. Ketiga dosen CPNS Departemen IPHK tersebut adalah drh. Supriyono, MSi, drh. Dordia Anindita Rotinsulu, MSi dan drh. Ridi Arif.

Dalam Peraturan Pemerintah Nomor 101 Tahun 2000 tentang Pendidikan dan Pelatihan Jabatan Pegawai Negeri Sipil (PNS), ditetapkan bahwa salah satu jenis pendidikan dan latihan (Diklat) yang strategis untuk mewujudkan PNS sebagai bagian Aparatur Sipil Negara (ASN) yang profesional adalah Diklat Prajabatan. Diklat Prajabatan dilaksanakan dalam rangka pembentukan nilai-nilai dasar profesi PNS. Diharapkan melalui Diklat ini terbentuk karakter PNS yang kuat yakni mampu bersikap dan bertindak profesional dalam melayani masyarakat, serta dapat mengemban fungsi ASN sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa.

IMG-20160730-WA0008 Suasana Diklat Prajabatan Golongan III

Diklat Prajabatan kini mengikuti pola yang baru yakni sistem on-off-on. Tahap on dilaksanakan di Pusdiklat, sedangkan tahap off dilaksanakan di instansi kerja masing-masing, dalam hal ini di FKH IPB. Adapun pada tahap on pertama, yakni tanggal 17 Juli sampai dengan 4 Agustus 2016, peserta Diklat menerima materi yang mencakup internalisasi nilai-nilai Akuntabilitas, Nasionalisme, Etika Publik, Komitmen Mutu dan Anti Korupsi, atau disingkat dengan ANEKA. Selain itu, peserta juga diminta untuk membuat Rancangan Aktualisasi (RA) nilai-nilai ANEKA dalam kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang akan diaktualisasikan pada tahap off yang berlangsung tanggal 5 sampai dengan 23 Agustus 2016. Pada tahap on kedua, peserta Diklat akan melaporkan dan mempresentasikan hasil aktualisasi nilai-nilai ANEKA yang telah dilakukan di Pusdiklat, Depok.

IMG-20160723-WA0013 Seminar Rancangan Aktualisasi Nilai-nilai dasar PNS

Pada seminar Rancangan Aktualisasi di Pusdiklat Depok tanggal 3 Agustus 2016, hadir Bapak Dr. drh. Yusuf Ridwan, MSi sebagai atasan langsung sekaligus Mentor ketiga peserta Diklat Prajabatan dari Departemen IPHK FKH IPB. Bapak Dr. Yusuf Ridwan mendukung penuh kegiatan aktualisasi yang akan dilaksanakan di FKH IPB dan memberikan masukan yang sangat berarti kepada ketiga peserta. Selain dihadiri oleh Mentor, seminar Rancangan Aktualisasi juga dihadiri oleh Coach yang merupakan Widyaiswara di Pusdiklat Kemdikbud dan penguji dari Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi. Mentor maupun coach berperan dalam membimbing peserta Diklat dalam membuat rancangan, pelaksanaan dan laporan aktualisasi nilai-nilai dasar PNS.

(Dordia A Rotinsulu)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>