Study Tour S2 Mikrobiologi Medik ke Sabah, Malaysia

Study Tour S2 Mikrobiologi Medik ke Sabah, Malaysia

sabah 1

Dalam rangka pengembangan Program Studi Magister Sains Mikrobiologi Medik (MKM), Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) telah dilaksanakan Study Tour ke Sabah, Malayia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 5 Mei 2016.

Peserta Study Tour terdiri dari lima orang dosen Departemen IPHK FKH IPB, satu orang pegawai Badan Karantina Pertanian RI, dan 15 orang mahasiswa Pascasarjana Program Studi Mikrobiologi Medik. Adapun dosen Departemen IPHK FKH IPB yang mengikuti kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Drh. Fachriyan H. Pasaribu, Prof. Dr. Drh. Retno Damayanti, MSi, Dr. Drh. Agustin Indrawati, MBiomed, Drh. Surachmi Setyaningsih, PhD, Dr. drh. Yusuf Ridwan, MSi. Sedangkan dari Badan Karantian Pertanian RI hadir Dr. drh. Sriyanto, MSi.

Selama Study Tour, peserta mengadakan kunjungan ke Desa Dairy Farm (1 Mei 2016), Yap Dairy Farm (2 Mei 2016), Jabatan Haiwan dan Perusahaan Ternak Negeri Sabah dan Fasilitas diantaranya: Kantor Pusat, Laboratorium, Rumah Potong Hewan, Karantina Hewan, Instalasi (3 Mei 2016), dan University Malaysia of Sabah (4 Mei 2016).

sabah 2

Kegiatan Study Tour ke Sabah diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik antara program studi MKM IPB dengan University Malaysia Sabah. Pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan ke Jabatan Haiwan dan Peternakan Negeri Sabah sebagai unit dari Pemerintah di Negeri Sabah yang menangani tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Sabah. Kegiatan ini dapat membantu para peserta kegiatan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai cara Negeri Sabah dalam melakukan program pemerintahnya, terutama terkait kesehatan hewan. Kegiatan ini juga memberikan manfaat yang baik untuk bisa terjalinnya Tali Silaturahim dengan Alumni Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang berada di Sabah Malaysia. Di Negeri Sabah, banyak pemangku kebiijakan tentang peternakan dan kesehatan hewan merupakan alumni dari IPB.

sabah 3

Saat melakukan kunjungan ke Kantor Jaban Haiwan dan Perusahaan Ternak Negeri Sabah, para peserta disambut oleh Direktur Jabatan Haiwan yaitu Dr. Yoe Buun Kiat dan jajarannya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya kerjasama dan sharing informasi antar negara melalui kegiatan-kegiatan pendidikan yang akan berdampak pada kemajuan bangsa. Bapak Yoe Buun Kiat menyampaikan beberapa isu yang menjadi perhatian di Negeri Sabah terkait dengan kesehatan hewan dan peternakan. Di Negeri Sabah pertanian, peternakan dan kesehatan hewan menjadi prioritas yang sangat penting dalam rangka kemajuan dan pengembangan Negeri Sabah. Sumber peternakan yang sudah sangat baik di bidang perunggasan, dimana produksinya sudah mencukupi kebutuhan di Negeri Sabah dan sudah melakukan ekspor ke Serawak dan Semenanjung.

(DAR)

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>