Inilah Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus

Inilah Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus

Cara memilih telur memang gampang-gampang susah. Terkadang telur yang kita kira bagus ternyata setelah dibuka malah sudah busuk dan tidak layak konsumsi. Padahal, telur adalah salah satu bahan pangan asal hewan yang sangat diminati oleh masyarakat. Harganya murah dan juga pengolahan telur cukup mudah. Nah, tentu anda tidak inginkan ketika membeli telur mendapatkan telur dengan kualitas jelek. Niat awal pengen mendapatkan banyak manfaat telur tapi kalau kita salah pilih tentunya akan sangat menjengkelkan sekali. Pengen tau apa saja cara memilih telur yang berkualitas itu ?

Telur adalah salah satu bahan pangan asal hewan yang mempunyai kandungan vitamin dan juga protein tinggi. Untuk mengolah telur menjadi makanan siap saji bukanlah hal yang sulit, karena pengolahannya tergolong mudah. Ketika waktu mepet dan pengen menyiapkan makanan bergizi dalam waktu singkat, telur bisa jadi salah satu pilihan yang bisa diandalkan. Mau direbus ataupun digoreng, keduanya sama cepatnya dibandingkan kita harus mengolah bahan pangan asal hewan lainnya. Contohnya bila kita ingin memasak daging, tentu banyak hal yang kita siapkan. Mulai dari bumbu, belum lagi tugas mencincang dagingnya, setelah itu baru direbus atau digoreng. Untuk mendapatkan telur inipun sangat mudah, karena telur bukanlah sesuatu yang langka. Yang susah adalah bagaimana cara memilih telur dengan kualitas bagus.

Memang hal yang palling menyenangkan adalah mengkonsumsi telur hasil peternakan sendiri, namun ada kalanya saat stock kosong kita bisa membelinya. Kalau telur hasil peternakan sendiri, sudah tentu kita tau kapan telur itu dikeluarkan ayam. Untuk mengetahui apakah telur masih baru atau sudah lama mungkin akan lebih mudah dibandingkan saat kita membeli telur. Saat kita mendapatkan telur dari tempat lain memang kita tidak tau bagaimana riwayat telur tersebut. Tentunya anda tidak ingin membeli telur yang sudah jelek kan ? Bila pada artikel sebelumnya kita belajar untuk mengenal protein hewani dalam daging ayam. Kali ini ada beberapa tips memilih telur yang berkualitas bagus.

Cara Memilih Telur Berkualitas Bagus

  1. Pillihlah telur dengan cangkang yang masih bersih. Meskipun masalah kotoran di permukaan cangkang telur bisa saja dibersihkan sebelum dijual, namun tidak ada salahnya lebih mengutamakan telur dengan cangkang yang bersih. Pilih juga telur yang mempunyai cangkang berwarna cerah, dan jangan memilih telur yang ada bintik kehitaman dicangkangnya. Warna cerah pada cangkang telur menandakan teur tersebut masih baru.
  2. Guncang telur secara perlahan. Ketika membeli telur di supermarket ataupun di tempat penjualan telur lainnya pastikan anda mendapatkan telur yang segar dan baru. Mengguncang telur secara perlahan adalah salah satu cara yang sering dilakukan untuk memastikan kualitas telur yang akan kita beli. Ketika telur kita gerakkan tidak mengeluarkan bunyi, maka telur tersebut masih baru. Bila terdengar ataupun terasa seperti suara kocak maka jangan memilih telur tersebut, karena ada kemungkinan telur telah rusak.
  3. Pilih telur yang berbau segar. Bila telur telah lama dan tidak baru lagi, maka bau telur akan berbeda dengan yang baru. Telur yang telah rusak, meski masih tertutup cangkang baunya bisa tercium dari luar.
  4. Rendam dalam air. Hal ini merupakan salah satu test untuk mengetahui tingkat kesegaran telur. Pastikan telur yang kita beli dan akan kita konsumsi tenggelam saat direndam air. Bila sudah melayang, atau bahkan mengapung sebaiknya hindari untuk mengkonsumsinya karena telur telah rusak. Ada sedikit cara yang bisa digunakan untuk menentukan berapa hari telur tersebut telah disimpan. Bila saat kita rendam telur dalam keadaan tidur, maka telur tersebut masih baru. Bila telur yang kita rendam tersebut posisinya agak berdiri, kemungkinan telur telah disimpan 3-5 hari. Nah, bila telur telah berdiri maka telah disimpan lebih dari 5 hari. Untuk telur yang melayang atau bahkan mengapung sebaiknya jangan dipilih, karena itu merupakan ciri-ciri telur yang rusak.

Nah, demikian beragam tips dan cara memilih telur yang bagus. Meski tidak 100% benar, paling gak cara memilih telur tersebut bisa diterapkan dan mengurangi resiko mendapat telur rusak. Karena bila telur sudah rusak, maka manfaat telur akan berkurang. Jangankan mendapatkan manfaat buat kesehatan, salah-salah malah kita nanti jadi sakit bila mengkonsumsi telur yang sudah busuk atau rusak. Jangan lupa simpan telur ditempat penyimpanan yang bagus. Lemari es bisa menjadi pilihan untuk meletakkan telur dan menjaganya untuk tetap awet dan segar. Hal ini sangat penting bila anda memang ingin mendapatkan banyak hal dari manfaat telur.

Share this post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>