Berita

Untuk berita, kegiatan/event yang sudah berlangsung

Selamat Atas Terpilihnya Rektor Baru IPB

Keluarga besar Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPHK) Fakultas Kedokteran Hewan IPB mengucapkan selamat atas terpilihanya Dr. Arif Satria, SP, Msi sebagai rektor baru IPB periode 2017-2022. Semoga beliau selalu diberi kesehatan dan mendapat bimbingan dari Allah SWT dalam mengemban amanah membawa IPB menjadi lebih baik. Semangat baru menuju IPB lebih baik. Jayalah IPB kita.

Download pdf: iphk.fkh.ipb.ac.id-Selamat Atas Terpilihnya Rektor Baru IPB

Akreditasi “A” untuk Prodi S2 Mikrobiologi Medik Sekolah Pascasarjana IPB

Selamat kepada Program Magister (S2) Program Studi Mikrobiologi Medik (MKM) Sekolah Pascasarjana IPB yang telah berhasil mendapatkan akreditasi A sesuai dengan SK No. 3647/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2017 sampai dengan tahun 2022.

Terima kasih kami sampaikan kepada Dekan FKH IPB, Kepala Departemen IPHK, Dr. Drh. Yusuf Ridwan, MS.i; Kepala Program Studi S2 Mikrobiologi Medik Prof. Dr. Drh. Fachriyan H Pasaribu, Sekretaris Prodi S2 MKM Dr. Drh. Agustin Indrawati, MBiomed; Tim penyusun borang akreditasi, Alumni, Stakeholder, Mitra, dan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pengajuan reakreditasi Prodi S2 MKM dari awal hingga akhir.

Semoga melalui pencapaian ini Prodi S2 MKM semakin maju dan bersemangat dalam mencapai visi dan misinya.

 

Download pdf iphk.fkh.ipb.ac.id-Akreditasi A untuk Prodi S2 Mikrobiologi Medik Sekolah Pascasarjana IPB

 

MKM A

Kunjungan Mahasiswa dan Dosen MKM ke Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan, Serang Banten

Pada tanggal 24 Oktober 2017, dosen dan mahasiswa S2 Program Studi Mikrobiologi Medik Sekolah Pascasarjana IPB mengadakan kunjungan ke Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan, Serang, Banten. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan menginisiasi MoU antara FKH IPB dengan Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan.

Dalam kunjungan tersebut, dosen dan mahasiswa MKM IPB mengadakan diskusi dengan pegawai loka. Peserta juga melihat fasilitas Laboratorium maupun lapangan yang ada. Loka ini menyediakan berbagai layanan pengujian laboratorium di bidang biologi molekuler, residu dan kontaminan, patologi dan parasitology, mikrobiologi, farmakologi dan kualitas air dan tanah.

Loka Serang (4)

Dosen dan mahasiswa MKM FKH beserta Pegawai Loka Serang

Kunjungan ke fasilitas laboratorium

Kunjungan ke fasilitas laboratorium

 

Download pdf: 20171024 Loka Serang

Sumber: https://iphk.fkh.ipb.ac.id

Akreditasi “A” untuk Prodi S3 Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK)

Selamat kepada Program Doktoral (S3) Program Studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Sekolah Pascasarjana IPB yang telah berhasil mendapatkan akreditasi A sesuai dengan SK No. 3735/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2017. Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Departemen IPHK, Dr. Drh. Yusuf Ridwan, MS.i; Kepala Program Studi PEK Prof. Dr. Drh. Upik Kesumawati Hadi, MS; Tim penyusun borang akreditasi, Alumni, Stakeholder, Mitra, dan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pengajuan reakreditasi Prodi S3 PEK dari awal hingga akhir. Semoga melalui pencapaian ini Prodi S3 PEK semakin maju dan bersemangat dalam mencapai visi dan misinya.

Kegiatan Workshop “Biologi Molekuler Parasit” di Universitas Airlangga

Salah satu staff muda Departemen IPHK, drh. Ridi Arif, pada tanggal 23 Oktober 2017 berkesempatan mengikuti kegiatan Workshop di Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga. Kegiatan yang diikuti merupakan kerjasama antara Universitas Airlangga dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia. Pada workshop kali ini tema yang diangkat adalah teknik diagnosis molekuler untuk parasit dan difokuskan pada teknik Loop- Mediated Isothermal Amplification (L-AMP). Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berlatar belakang pendidikan dokter hewan, namun ada yang berasal dari kedokteran umum, biologi, dan perikanan. Di dalam workshop ini peserta mendapatkan pengetahuan baru meliputi prinsip uji L-AMP, kelebihan L-AMP dibandingkan PCR, proses perancangan primer untuk uji L-AMP, reaksi yang ada pada pengujian, visualisasi hasil L-AMP, dan berbagai aplikasi penggunaan uji L-AMP.  Selain itu, peserta workshop berkesempatan secara langsung untuk mempraktikkan proses pengujian L-AMP di laboratorium milik Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga. Melalui pelatihan dan workshop ini, diharapkan dapat memberikan penetahuan dan pengalaman baru bagi staff muda di lingkungan Departemen IPHK FKH IPB. (RA)

Pelatihan Kader Siaga Rabies 2017

Sebagai bagian dari skema penelitian Institusi, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet melakukan pelatihan kepada Kader Siaga Rabies sebagai bentuk partisipasi masyarakat ikut serta menyukseskan program pengendalian rabies di lapangan. Pelatihan ini dilaksanakan di Kecamatan Tengah pada tanggal 19-20 Oktober 2017. Kader yang dilatih dipilih dari berbagai unsur masyarakat yaitu Ibu-Ibu PKK, aparat desa (Linmas), komunitas pemburu, Babinmas dan Babinsa.

Instruktur pelatihan berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB yaitu drh. Abdul Zahid Ilyas, MSi; Dr. drh. Yusuf Ridwan, MSi; Dr. Ir Etih Sudarnika; MSi, drh. Agus Wijaya, MSc, PhD, dan drh. Ardilasunu Wicaksono, MSi. Ada juga intruktur dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB yaitu Ir. Djemdjem Djamaludin, MSc  dan dari Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi yaitu drh. Asep Kurnadi serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yaitu Bpk. Vecky Tampilang.

Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat untuk langsung mengabdi di masyarakat dalam rangka mencegah dan mengendalikan rabies di wilayah Jampang Tengah. Semoga dengan kegiatan ini, Kabupaten Sukabumi dapat terbebas dari rabies dan mendukung Jawa Barat Bebas Rabies Tahun 2020.

File PDF: Pelatihan KASIRA 2017

DSCF9403

 

DSCF9515

 

 

 

 

 

DSCF9794DSCF9825

 

 

 

 

 

Sosialisasi Lomba Website Unit Kerja IPB 2017

Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI) mengadakan acara sosialisasi lomba website unit kerja di lingkungan IPB 2017 yang diadakan pada Senin, 16 Oktober 2017 di IICC IPB. Lomba web ini dilakukan untuk terus menstimulasi website unit kerja yang ada di lingkungan IPB untuk terus menampilkan informasi unggul dan ter-update. Diadakannya lomba ini tidak bertujuan untuk mencari web unit kerja terbaik diantara web-web unit kerja di IPB, namun lebih ditujukan untuk memberi motivasi pada masing-masing web unit kerja untuk meningkatkan kualitas web unit kerjanya yang pada akhirnya meningkatkan kualitas web utama institusi yaitu web IPB. Beberapa kriteria penting untuk meningkatkan kualitas web dirujuk pada penilaian menurut Webometric. Penilaian tersebut meliputi presence, visibility, content standard, update frequent information, excellence, dan transparancy (openness). Melalui penilaian yang telah terstandar ini diharapkan web unit kerja IPB dapat menampilkan informasi terbaik di masing-masing webnya.

Pada acara sosialisasi lomba ini juga disampaikan beberapa capaian yang telah diraih dan rencana pengembangan yang dilakukan DIDSI. Program peningkatan kualitas web unit kerja telah dilakukan sejak beberapa tahun lalu yang meliputi kegiatan rutin update web, back up data, peningkatan keamanan web, lomba web, dan beberapa kegiatan lain. Melalui program tersebut memberikan manfaat pada IPB sehingga menurut data webometric peringkat web IPB menempati urutan ke 4 di Indonesia setelah UI, UGM, dan ITB per Juli 2017. Beberapa waktu ke depan, DIDSI akan terus berusaha meningkatkan pelayanan bagi civitas akademik IPB. Pelayanan tersebut meliputi: 1). Peningkatan akses internet dan pemantapan infrastruktur termasuk pemasangan fiber optik di gedung-gedung baru. 2). Peningkatan kapasitas bandwidth. Kapasitas bandwidth IPB terus dinaikkan sejak tahun 2009 dan saat ini telah mencapai 2000 Mbps dan akan terus ditingkatkan pada tahun-tahun ke depan. 3). Peningkatan utilisasi bandwidth. 4). Peningkatan presentase sistem aplikasi yang terintegrasi. 5). Peningkatan kelengkapan konten web unit kerja. Salah satu program yang dilakukan adalah melalui Lomba Website Unit Kerja tahun 2017.

Pihak DIDSI juga mengingatkan mengenai pentingnya setiap dosen IPB untuk memiliki akun pada google scholar. Hal ini penting karena bukti-bukti publikasi dosen IPB harus dapat terindeks oleh lembaga-lembaga resmi pengindeks artikel ilmiah yang ada di dunia. Apabila banyak ilmuwan dan dosen IPB yang publikasinya dapat terindeks maka secara langsung akan memberikan manfaat pada peningkatan kualitas web IPB. (RA)

Visitasi BAN-PT untuk Akreditasi Program Studi Doktoral Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (Prodi S3 PEK)

Proses re-akreditasi Program Studi Doktoral Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (Prodi S3 PEK) telah sampai pada tahap visitasi oleh asesor BAN-PT. Visitasi oleh asesor dilakukan dari tanggal 8-10 Oktober 2017 dan bertempat di FKH IPB. Asesor yang ditugaskan oleh BANT-PT dalam proses visitasi ini adalah Prof. Dr. Ir. Djalal Rosyidi, MS dari Universitas Brawijaya dan Prof. Drh. Widya Asmara, SU., Ph. D dari Universitas Gadjah Mada. Kedatangan asesor BAN-PT di kampus IPB disambut oleh para pimpinan di Gedung Rektorat dan Dekanat FKH IPB kemudian dilanjutkan dengan visitasi Prodi S3 PEK.

Kedatangan asesor di prodi PEK disambut oleh ketua Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPHK), Dr.drh. Yusuf Ridwan, MSi. Proses asesment Prodi S3 PEK diawali dengan mendengarkan penjelasan sekilas mengenai sejarah, visi, dan misi Prodi PEK yang disampaikan oleh ketua program studi PEK, Prof. Drh. Upik Kesumawati Hadi,  MS., Ph. D. Setelah menyimak mengenai latar belakang Prodi PEK, dilanjutkan pada proses asesmen dan diskusi dengan para asesor. Proses asesment berjalan dengan baik dan lancar. Asesor juga berkesempatan berdiskusi dengan para mitra, stakeholder, dan alumni Prodi S3 PEK. Terdapat sesuatu yang sedikit berbeda dalam proses akreditasi Prodi S3 PEK, yaitu penerapan sistem online dalam proses asesment yang dilakukan oleh asesor. Sistem Akreditasi Perguruan Tinggi Online (SAPTO) merupakan sistem yang telah dikembangkan oleh BAN-PT dalam proses asesment perguruan tinggi di Indonesia. Sistem ini berbasis aplikasi online sehingga sangat membantu asesor dalam kecepatan dan kemudahan proses asesment. Sebelumnya, pada bulan Juli 2017, Prodi S3 PEK telah mengupload data-data dan dokumen yang diperlukan untuk proses asesment melalui sistem SAPTO. Melalui sistem baru ini diharapkan sistem penilaian dapat berjalan lebih cepat dan dengan tetap mempertahankan kualitas asesment yang dilakukan. Semoga Prodi S3 PEK FKH IPB mendapatkan nilai akreditasi yang terbaik dan terus bersemangat dalam mencapai visi misi Prodi PEK. (RA)

Peringatan World Rabies Day 2017

Dalam rangka memperingati World Rabies Day tahun 2017, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet ikut turut serta di dalam kegiatan tersebut. Kegiatan dilakukan di Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi pada tanggal 7 Oktober 2017. Kegiatan dilakukan di kecamatan ini dikarenakan pada awal tahun 2017 terjadi kejadian positif kasus rabies yang memakan korban jiwa, dengan demikian peringatan ini dilakukan sebagai langkah sosialisasi bahaya rabies kepada masyarakat.

Kegiatan ini melibatkan mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan IPB sebanyak 60 orang. 50 orang sebagai vaksinator rabies yang turut membantu pihak dinas di lapangan, dan 10 mahasiswa dilibatkan dalam kegiatan sosialisasi/penyuluhan ke siswa-siswa SD san SMP.

IMG-20171007-WA0012

File PDF: World Rabies Day IPHK 2017

Sertifikasi bagi Pengajar Kelas Internasional melalui Keikutsertaan dalam TKT:CLIL

Selama bulan Juli sampai dengan Agustus 2017, tiga orang dosen Departemen IPHK FKH IPB mengikuti kursus Teaching Knowledge Test: Content and Language Integrated Learning (TKT CLIL). Adapun ketiga dosen tersebut yaitu Dr. Ir. Etih Sudarnika, MSi, Drh.  Ardilasunu Wicaksono, MSi dan Drh. Dordia A. Rotinsulu, MSi.

Kursus TKT:CLIL merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh PPA IPB untuk mempersiapkan dosen pengajar Kelas Internasional guna mendukung visi dan misi IPB sebagai World Class University. TKT: CLIL merupakan test mengenai pengetahuan profesional untuk mengajar dengan menggunakan pendekatan konten dan bahasa Inggris. Sertifikat ini sangat penting dan diperlukan bagi pengajar yang menggunakan bahasa Inggris sebagai medium pengajaran, misalnya untuk mengajar kelas Internasional. Sejak Tahun Ajaran 2015/2016, Fakultas Kedokteran Hewan membuka Kelas Internasional, sehingga TKT: CLIL dianggap sangat diperlukan untuk menunjang kegiatan perkuliahan.

Pada 30 September 2017, para peserta kursus mengikuti ujian TKT: CLIL. Sertifikat TKT: CLIL diberikan oleh Cambridge English Language Assessment sebagai bagian dari Universitas Cambridge.

Sumber: https://iphk.fkh.ipb.ac.id

Download pdf: 20170828 TKT CLIL