Kemahasiswaan

Study Tour S2 Mikrobiologi Medik ke Sabah, Malaysia

sabah 1

Dalam rangka pengembangan Program Studi Magister Sains Mikrobiologi Medik (MKM), Sekolah Pascasarjana Institut Pertanian Bogor (IPB) telah dilaksanakan Study Tour ke Sabah, Malayia. Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 5 Mei 2016.

Peserta Study Tour terdiri dari lima orang dosen Departemen IPHK FKH IPB, satu orang pegawai Badan Karantina Pertanian RI, dan 15 orang mahasiswa Pascasarjana Program Studi Mikrobiologi Medik. Adapun dosen Departemen IPHK FKH IPB yang mengikuti kegiatan ini yaitu Prof. Dr. Drh. Fachriyan H. Pasaribu, Prof. Dr. Drh. Retno Damayanti, MSi, Dr. Drh. Agustin Indrawati, MBiomed, Drh. Surachmi Setyaningsih, PhD, Dr. drh. Yusuf Ridwan, MSi. Sedangkan dari Badan Karantian Pertanian RI hadir Dr. drh. Sriyanto, MSi.

Selama Study Tour, peserta mengadakan kunjungan ke Desa Dairy Farm (1 Mei 2016), Yap Dairy Farm (2 Mei 2016), Jabatan Haiwan dan Perusahaan Ternak Negeri Sabah dan Fasilitas diantaranya: Kantor Pusat, Laboratorium, Rumah Potong Hewan, Karantina Hewan, Instalasi (3 Mei 2016), dan University Malaysia of Sabah (4 Mei 2016).

sabah 2

Kegiatan Study Tour ke Sabah diharapkan mampu menjalin komunikasi yang baik antara program studi MKM IPB dengan University Malaysia Sabah. Pelaksanaan kegiatan ini juga dilakukan ke Jabatan Haiwan dan Peternakan Negeri Sabah sebagai unit dari Pemerintah di Negeri Sabah yang menangani tentang Peternakan dan Kesehatan Hewan di Sabah. Kegiatan ini dapat membantu para peserta kegiatan untuk mendapatkan informasi dan pengetahuan mengenai cara Negeri Sabah dalam melakukan program pemerintahnya, terutama terkait kesehatan hewan. Kegiatan ini juga memberikan manfaat yang baik untuk bisa terjalinnya Tali Silaturahim dengan Alumni Fakultas Kedokteran Hewan IPB yang berada di Sabah Malaysia. Di Negeri Sabah, banyak pemangku kebiijakan tentang peternakan dan kesehatan hewan merupakan alumni dari IPB.

sabah 3

Saat melakukan kunjungan ke Kantor Jaban Haiwan dan Perusahaan Ternak Negeri Sabah, para peserta disambut oleh Direktur Jabatan Haiwan yaitu Dr. Yoe Buun Kiat dan jajarannya. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan pentingnya kerjasama dan sharing informasi antar negara melalui kegiatan-kegiatan pendidikan yang akan berdampak pada kemajuan bangsa. Bapak Yoe Buun Kiat menyampaikan beberapa isu yang menjadi perhatian di Negeri Sabah terkait dengan kesehatan hewan dan peternakan. Di Negeri Sabah pertanian, peternakan dan kesehatan hewan menjadi prioritas yang sangat penting dalam rangka kemajuan dan pengembangan Negeri Sabah. Sumber peternakan yang sudah sangat baik di bidang perunggasan, dimana produksinya sudah mencukupi kebutuhan di Negeri Sabah dan sudah melakukan ekspor ke Serawak dan Semenanjung.

(DAR)

KRS Online TA 2015/2016 Semester Genap

PENGUMUMAN :

  • Pengisian KRS Online Tahun Akademik 2015/2016 Semester Genap akan dilaksanakan melalui alamat https://krs.ipb.ac.id.
  • Mahasiswa diwajibkan juga untuk melakukan uji coba pengisian KRS Online pada alamat https://simak.ipb.ac.id dan mengisi Umpan Balik pada alamat http://bit.ly/krssimak. Data KRS pada simak.ipb.ac.id hanya akan digunakan sebagai bahan evaluasi sistem, tidak akan digunakan sebagai dasar KRS semester genap TA 2015/2016.
  • Bagi mahasiswa yang melakukan uji coba pengisian KRS Online melalui alamat https://simak.ipb.ac.id dan mengisi Umpan Balik akan disertakan dalam undian untuk mendapatkan 2 (dua) buah Smartphone Android (SA) yang disediakan oleh Direktorat Integrasi Data dan Sistem Informasi (DIDSI). SA akan diberikan kepada 2 mahasiswa yang terpilih dan akan diberikan setelah selesai KRS-B (hari Jumat, 19 Februari 2016).

Demikian pengumuman ini disampaikan. Atas perhatian dan kerjasama yang baik dari para mahasiswa diucapkan terima kasih.

 

KRS Online

Pengukuhan Pengurus Organisasi Mahasiswa IPB

Pada Sabtu, 16 Januari 2016 di Graha Widya Wisuda (GWW) Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Darmaga Bogor dilaksanakan acara “Pengukuhan Organisasi Mahasiswa IPB”. Pengukuhan dilakukan oleh Rektor IPB, Prof. Dr. Herry Suhardiyanto terhadap ribuan mahasiswa IPB yang tergabung dalam organisasi kemahasiswaan. Tampak hadir dalam kesempatan ini di antaranya para dekan, wakil dekan, ketua departemen, dan Direktur Kemahasiswaan IPB.

Terdapat 110 kepengurusan organisasi kemahasiswaan di IPB, yang terdiri dari Majelis Permusyawaratan Mahasiswa Keluarga Mahasiswa (MPM KM), 12 Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) KM, DPM Fakultas, DPM Diploma, DPM Program Pendidikan Kompetensi Umum (PPKU), 12 Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) KM, BEM Fakultas, BEM Diploma, BEM Diploma, BEM PPKU, 45 Himpunan Profesi (Himpro), dan Unit Kegiatan Mahasiswa. Total jumlah seluruh pengurus lembaga kemahasiswaan di IPB sebanyak 3.620 orang. Adapun Himpro yang terdapat di Fakultas Kedokteran Hewan yaitu Himpro Hewan Kesayangan dan Satwa Akuatik (HKSA), Himpro Satwa Liar, Himpro Ruminansia, dan Himpro Ornithologi.

Rektor mengatakan bahwa semua organisasi kemahasiswaan IPB mempunyai amanah yang harus dijalankan. Kegiatan kemahasiswaan hendaknya direncanakan dan diorganisir dengan baik dan dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab dan komitmen. Sementara itu, Wakil Rektor bidang Akademik dan Kemahasiswaan IPB, Prof. Dr. Yonny Koesmaryono menyampaikan, pengukuhan ini adalah untuk menyelaraskan seluruh kegiatan kemahasiswaan di lingkungan IPB.

(DAR)

Prestasi Mahasiswa S2 Mikrobiologi Medik

Prestasi Mahasiswa Magister Mikrobiologi Medik

 

NAMA PRESTASI WAKTU DAN TEMPAT TINGKAT KETERANGAN
Drh. Dordia Anindita Rotinsulu Peserta International Summer Program, Tokyo Medical and Dental University, Jepang Agustus 2011,Tokyo Medical and Dental University, Tokyo, Jepang Internasional Presentasi Poster, beasiswa
Drh. Dordia Anindita Rotinsulu Beasiswa Erasmus Mundus Action 2: EXPERT dari Uni EropaStudent Exchange Program Magister of Science

Fakultas Biologi, George August University, Goettingen, Jerman

Oktober 2011- Maret 2012,Fakultas Biologi, George August University, Goettingen, Jerman Internasional Student exchange
Drh. Dordia Anindita Rotinsulu Beasiswa S2 di PS Mikrobiologi Medik kerjasama Fakultas Kedokteran Hewan IPB dan Colorado State University, Amerika Serikat 2010-2012 IPB Beasiswa
Pupi Madita Tizar Afdora, S.Si Internship for screenery of foreign student by special recommendation 2014 Global initiative Project 24 Februari -24 Maret 2014,Jepang International Global initiative Project
         

 

Dokumentasi:

prof ichiro sekiya

Drh. Dordia Anindita Rotinsulu bersama Prof. Ichiro Sekiya di Tokyo Medical and Dental University, Jepang.

 

Pupimadita 2

Pupi Madita Tizar Afdora, S.Si saat internship di Jepang