Author: admin

Pengenalan dan Praktik Pembuatan Model IoT untuk Sistem Kesehatan Hewan bagi Mahasiswa FKH

Revolusi industri 4.0 muncul dengan adanya teknologi yang menopangnya. Beragam teknologi tersebut diantaranya adalah Internet of Things, Artificial inteligent, Augmented Reality, Block Chain, dan turunannya dari masing-masing teknologi atau konsep tersebut. Salah satu teknologi yang terus berkembang dan digunakan di berbagai bidang adalah Internet of Things (IoT). Teknologi ini dipakai pada hampir semua aspek seperti industri, manajemen, penelitian, pariwisata, sampai dengan pendidikan. Prinsip IoT-nya sama dan tentu dengan penerapan yang dimodifikasi sesuai dengan kekhasan dari masing-masing bidang tersebut. Penggunaan teknologi IoT pada masing-masing bidang tersebut terus dikembangkan karena terbukti dapat menyederhanakan sistem, mengefektifkan manajemen, menghemat waktu, dan meningkatkan akurasi dan dan presisi dari hasil yang ingin dicapai. Salah satu penerapan yang dapat dikembangkan adalah untuk sistem Kesehatan hewan. Untuk mengenalkan mahasiswa kedokteran hewan mengenai konsep IoT bagi Kesehatan hewan, telah dilaksanakan kegiatan workshop hasil Kerjasama IPB dengan PT Zara Propertifarm Indonesia melalui skema kegiatan matching fund kedaireka 2021. Kegiatan tersebut diketuai oleh Dr. drh. Ridi Arif yang merupakan staff dosen dari Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner, FKH IPB.

Pelaksanaan kegiatan workshop ini dilaksanakan pada hari minggu, 3 Oktober 2021 dengan pelaksanaan secara hybrid meliputi webinar dan praktik. Peserta mahasiswa yang hadir secara offline berjumlah 11 orang dan peserta yang mengikuti secara online 33 orang dengan narasumber dalam kegiatan ini adalah Adet Wildan, S.T yang telah berpengalaman dalam pengembangan IoT dan robotika. Kegiatan diawali dengan penyampaian materi dan lanjut kegiatan praktik langsung pembuatan sistem IoT untuk kesehatan hewan. Mahasiswa yang hadir secara ofline disediakan perangkat hardware dan akses ke software untuk mencoba merangkai dan membangun sistem IoT dengan model berupa sensor DHT 11. Pembuatan IoT system membutuhkan pembangunan perangkat hardware dan juga softwarenya. Untuk memudahkan gambaran tentang sistem IoT ini maka digunakan model sistem yang menggunakan 1 perangkat sensor dan memiliki dua output, yaitu sensor DHT11 yang dapat memberikan dua hasil yaitu suhu dan kelembapan. Dengan pemodelan ini, maka mahasiswa akan mendapatkan wawasan baru bagaimana sistem IoT dapat dimanfaatkan untuk kepentingan akuisisi data kesehatan hewan.

FREE WEBINAR, Kamis 25 Juni 2020 (Pukul 10.00-12.00 WIB)

FREE WEBINAR, Kamis 25 Juni 2020 (Pukul 10.00-12.00 WIB)

Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet (IPHK), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) IPB University, mempersembahkan WEBINAR, dengan tema:
“Kurban yang Aman di Masa Pandemi COVID-19″

Narasumber:

Materi 1: “Pemotongan Hewan Kurban di Masa Pandemi”
Drh. Syamsul Ma’arif, MSi
(Direktur Kesehatan Masyarakat Veteriner, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian RI)

Materi 2: “Penanganan Hewan dan Daging Hewan Kurban yang Sehat dan Bersih”
Dr. med vet. drh. Denny Widaya Lukman, MSi
(Dosen di Departemen IPHK, FKH IPB University serta Anggota Komisi Ahli Keswan Kesmavet Karantina Pertanian Kementerian Pertanian)

Moderator:
Dr. med vet. drh. Hadri Latif, MSi
(Dosen di Departemen IPHK, FKH IPB University serta Anggota Komisi Ahli Keswan Kesmavet Karantina Pertanian Kementerian Pertanian )

Peserta: Terbuka untuk UMUM

Registrasi: http://bit.ly/2ADWZlc
WEBINAR dapat diakses melalui link berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=GcSEiSTl0Xg

Free E-Sertifikat (100 pendaftar pertama)

Selamat Atas Terpilihnya Rektor Baru IPB

Keluarga besar Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (IPHK) Fakultas Kedokteran Hewan IPB mengucapkan selamat atas terpilihanya Dr. Arif Satria, SP, Msi sebagai rektor baru IPB periode 2017-2022. Semoga beliau selalu diberi kesehatan dan mendapat bimbingan dari Allah SWT dalam mengemban amanah membawa IPB menjadi lebih baik. Semangat baru menuju IPB lebih baik. Jayalah IPB kita.

Download pdf: iphk.fkh.ipb.ac.id-Selamat Atas Terpilihnya Rektor Baru IPB

Akreditasi “A” untuk Prodi S2 Mikrobiologi Medik Sekolah Pascasarjana IPB

Selamat kepada Program Magister (S2) Program Studi Mikrobiologi Medik (MKM) Sekolah Pascasarjana IPB yang telah berhasil mendapatkan akreditasi A sesuai dengan SK No. 3647/SK/BAN-PT/Akred/M/X/2017 sampai dengan tahun 2022.

Terima kasih kami sampaikan kepada Dekan FKH IPB, Kepala Departemen IPHK, Dr. Drh. Yusuf Ridwan, MS.i; Kepala Program Studi S2 Mikrobiologi Medik Prof. Dr. Drh. Fachriyan H Pasaribu, Sekretaris Prodi S2 MKM Dr. Drh. Agustin Indrawati, MBiomed; Tim penyusun borang akreditasi, Alumni, Stakeholder, Mitra, dan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pengajuan reakreditasi Prodi S2 MKM dari awal hingga akhir.

Semoga melalui pencapaian ini Prodi S2 MKM semakin maju dan bersemangat dalam mencapai visi dan misinya.

 

Download pdf iphk.fkh.ipb.ac.id-Akreditasi A untuk Prodi S2 Mikrobiologi Medik Sekolah Pascasarjana IPB

 

MKM A

Kunjungan Mahasiswa dan Dosen MKM ke Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan, Serang Banten

Pada tanggal 24 Oktober 2017, dosen dan mahasiswa S2 Program Studi Mikrobiologi Medik Sekolah Pascasarjana IPB mengadakan kunjungan ke Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan, Serang, Banten. Kunjungan ini bertujuan untuk menjalin kerjasama dan menginisiasi MoU antara FKH IPB dengan Loka Pemeriksaan Penyakit Ikan dan Lingkungan.

Dalam kunjungan tersebut, dosen dan mahasiswa MKM IPB mengadakan diskusi dengan pegawai loka. Peserta juga melihat fasilitas Laboratorium maupun lapangan yang ada. Loka ini menyediakan berbagai layanan pengujian laboratorium di bidang biologi molekuler, residu dan kontaminan, patologi dan parasitology, mikrobiologi, farmakologi dan kualitas air dan tanah.

Loka Serang (4)

Dosen dan mahasiswa MKM FKH beserta Pegawai Loka Serang

Kunjungan ke fasilitas laboratorium

Kunjungan ke fasilitas laboratorium

 

Download pdf: 20171024 Loka Serang

Sumber: https://iphk.fkh.ipb.ac.id

Akreditasi “A” untuk Prodi S3 Parasitologi dan Entomologi Kesehatan (PEK)

Selamat kepada Program Doktoral (S3) Program Studi Parasitologi dan Entomologi Kesehatan Sekolah Pascasarjana IPB yang telah berhasil mendapatkan akreditasi A sesuai dengan SK No. 3735/SK/BAN-PT/Akred/D/X/2017. Terima kasih kami sampaikan kepada Kepala Departemen IPHK, Dr. Drh. Yusuf Ridwan, MS.i; Kepala Program Studi PEK Prof. Dr. Drh. Upik Kesumawati Hadi, MS; Tim penyusun borang akreditasi, Alumni, Stakeholder, Mitra, dan kepada semua pihak yang telah terlibat dalam proses pengajuan reakreditasi Prodi S3 PEK dari awal hingga akhir. Semoga melalui pencapaian ini Prodi S3 PEK semakin maju dan bersemangat dalam mencapai visi dan misinya.

Kegiatan Workshop “Biologi Molekuler Parasit” di Universitas Airlangga

Salah satu staff muda Departemen IPHK, drh. Ridi Arif, pada tanggal 23 Oktober 2017 berkesempatan mengikuti kegiatan Workshop di Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga. Kegiatan yang diikuti merupakan kerjasama antara Universitas Airlangga dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia. Pada workshop kali ini tema yang diangkat adalah teknik diagnosis molekuler untuk parasit dan difokuskan pada teknik Loop- Mediated Isothermal Amplification (L-AMP). Peserta yang mengikuti kegiatan ini tidak hanya berlatar belakang pendidikan dokter hewan, namun ada yang berasal dari kedokteran umum, biologi, dan perikanan. Di dalam workshop ini peserta mendapatkan pengetahuan baru meliputi prinsip uji L-AMP, kelebihan L-AMP dibandingkan PCR, proses perancangan primer untuk uji L-AMP, reaksi yang ada pada pengujian, visualisasi hasil L-AMP, dan berbagai aplikasi penggunaan uji L-AMP.  Selain itu, peserta workshop berkesempatan secara langsung untuk mempraktikkan proses pengujian L-AMP di laboratorium milik Lembaga Penyakit Tropis Universitas Airlangga. Melalui pelatihan dan workshop ini, diharapkan dapat memberikan penetahuan dan pengalaman baru bagi staff muda di lingkungan Departemen IPHK FKH IPB. (RA)

Pelatihan Kader Siaga Rabies 2017

Sebagai bagian dari skema penelitian Institusi, Departemen Ilmu Penyakit Hewan dan Kesmavet melakukan pelatihan kepada Kader Siaga Rabies sebagai bentuk partisipasi masyarakat ikut serta menyukseskan program pengendalian rabies di lapangan. Pelatihan ini dilaksanakan di Kecamatan Tengah pada tanggal 19-20 Oktober 2017. Kader yang dilatih dipilih dari berbagai unsur masyarakat yaitu Ibu-Ibu PKK, aparat desa (Linmas), komunitas pemburu, Babinmas dan Babinsa.

Instruktur pelatihan berasal dari Fakultas Kedokteran Hewan IPB yaitu drh. Abdul Zahid Ilyas, MSi; Dr. drh. Yusuf Ridwan, MSi; Dr. Ir Etih Sudarnika; MSi, drh. Agus Wijaya, MSc, PhD, dan drh. Ardilasunu Wicaksono, MSi. Ada juga intruktur dari Fakultas Ekonomi dan Manajemen IPB yaitu Ir. Djemdjem Djamaludin, MSc  dan dari Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi yaitu drh. Asep Kurnadi serta dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yaitu Bpk. Vecky Tampilang.

Peserta pelatihan sangat antusias dan bersemangat untuk langsung mengabdi di masyarakat dalam rangka mencegah dan mengendalikan rabies di wilayah Jampang Tengah. Semoga dengan kegiatan ini, Kabupaten Sukabumi dapat terbebas dari rabies dan mendukung Jawa Barat Bebas Rabies Tahun 2020.

File PDF: Pelatihan KASIRA 2017

DSCF9403

 

DSCF9515

 

 

 

 

 

DSCF9794DSCF9825